Selasa, 30 April 2013

Jempol Safety

Jempol Safety

Jempol safety adalah salah satu metode untuk mengetahui deteksi dini tentang KL3 (kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan). Dengan jempol safety kita berupaya untuk mengetahui potensi bahaya dan cara mengendalikannya atau mengurangi tingkat bahayanya.

Jempol safety adalah makna kiasan yang diambil saat kita mengacungkan jempol itu pertanda bagus. Kiasannya sebagai berikut :

Jepol (ibu jari) kita acungkan berarti bagus, dibalik makna bagus tersebut jangan lupa bahwa masih ada empat jari lainnya yang mengarah ke kita. Empat jari tersebut sebagai pilar utama untuk mendukung jempol safety.

  • Jempol (ibu jari) artinya bagus saat diacungkan (hal ini disebut hasil)
  • Jari 1 (telunjuk) artinya perencanaan. Persiapkan JSEA atau Prosedur Kerja dan diskusikan sesuai kebutuhan yang diperlukan.
  • Jari 2 (tengah) artinya alat dan peralatan. Pastikan peralatan selalu dilakukan P2H sebelum dan setelah digunakan, peralatan digunakan sesuai fungsinya.
  • Jari 3 (manis) artinya lingkungan kerja. Kenali lingkungan kerja anda, pastikan semua bahaya dapat dikendalikan dan lakukan perbaikan untuk mengendalikan bahaya.
  • Jari 4 (kelingking) artinya karyawan. Periksa semua karyawan apakah dalam kondisi bugar dan kompeten di bidangnya agar pekerjaan dapat terselaikan dengan aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar