P2H (Pemeriksaan dan Pengecekan Harian) atau pre strat check mobil operasional (light vehicle) sangat penting dilakukan sebelum dipakai beraktivitas di area tambang.Pastikan mobil operasional (light vehicle) aman sebelum digunakan, jika kondisi tidak aman sebaiknya jangan dipakai (breakdown saja) karena dapat berakibat fatal jika dipaksa digunakan.
Pengecekan bagian luar kendaraan meliputi:
- body kendaraan secara keseluruhan
- tyrod
- suspensi
- kondisi dan kebersihan kaca
- kaca film pada bagian depan maksimal 15%
- ban (termasuk ban cadangan)
- spion luar (kanan dan kiri)
- kondisi dan kebersihan lampu depan dan belakang (lampu dekat & jauh)
- kondisi lampu sign
- kondisi lampu hazard
- kondisi lampu ROPS (Roll Over Protection System)
- kondisi lampu putar (rotary lamp)
- buggy whip (standar ketinggian tiang bendera dan bendera reflektor)
- schotlight pada body kendaraan (harus bersiafat reflektor)
- nomor lambung kendaraan (depan, belakang, samping kanan dan kiri)
- sticker ijin masuk tambang (full access)
- sticker lulus inspeksi atau komisioning
- antena radio komunikasi (bagian luar)
- kondisi whipper
- sistem ROPS (Roll Over Protection System)
- kerucut pengaman (traffic cone)
- ganjang roda (wheel chock)
- air cadangan (untuk whipper dan radiator)
- dan lain-lain
Pengecekan mesin kendaraan meliputi:
- oli mesin
- minyak rem
- minyak persneling (kopling)
- air radiator
- air whipper
- accu
- kipas (fan)
- karet kipas (fan belt)
- dan lain-lain
Pengecekan bagian dalam kendaraan dan kelengkapannya meliputi:
- kebersihan bagian dalam kendaraan
- surat kendaraan dan simper yang masih berlaku
- spion kabin
- sabuk pengaman (safety belt)
- APAR (alat pemadam api ringan)
- kotak P3K beserta isi di dalamnya (daftar isi harus tertera)
- kunci roda
- dongkrak
- segitiga pengaman
- kondisi seat (tempat duduk)
- kondisi klakson
- kondisi kemudi (steering)
- kondisi persneling (gigi)
- kondisi double (berat & ringan)
- kondisi rem tangan (hand brake)
- kondisi rem kaki (foot brake)
- kondisi pedal gas
- kondisi dan fungsi display atau panel
- kondisi alarm mundur (back alarm)
- radio komunikasi (radio rig) dengan kelengkapan channel radio yang telah ditentukan
- kondisi lampu kabin
- kondisi electric window (termasuk sistem lock)
- dan lain-lain
Pengecekan bagian luar kendaraan meliputi:
- body kendaraan secara keseluruhan
- tyrod
- suspensi
- kondisi dan kebersihan kaca
- kaca film pada bagian depan maksimal 15%
- ban (termasuk ban cadangan)
- spion luar (kanan dan kiri)
- kondisi dan kebersihan lampu depan dan belakang (lampu dekat & jauh)
- kondisi lampu sign
- kondisi lampu hazard
- kondisi lampu ROPS (Roll Over Protection System)
- kondisi lampu putar (rotary lamp)
- buggy whip (standar ketinggian tiang bendera dan bendera reflektor)
- schotlight pada body kendaraan (harus bersiafat reflektor)
- nomor lambung kendaraan (depan, belakang, samping kanan dan kiri)
- sticker ijin masuk tambang (full access)
- sticker lulus inspeksi atau komisioning
- antena radio komunikasi (bagian luar)
- kondisi whipper
- sistem ROPS (Roll Over Protection System)
- kerucut pengaman (traffic cone)
- ganjang roda (wheel chock)
- air cadangan (untuk whipper dan radiator)
- dan lain-lain
Pengecekan mesin kendaraan meliputi:
- oli mesin
- minyak rem
- minyak persneling (kopling)
- air radiator
- air whipper
- accu
- kipas (fan)
- karet kipas (fan belt)
- dan lain-lain
Pengecekan bagian dalam kendaraan dan kelengkapannya meliputi:
- kebersihan bagian dalam kendaraan
- surat kendaraan dan simper yang masih berlaku
- spion kabin
- sabuk pengaman (safety belt)
- APAR (alat pemadam api ringan)
- kotak P3K beserta isi di dalamnya (daftar isi harus tertera)
- kunci roda
- dongkrak
- segitiga pengaman
- kondisi seat (tempat duduk)
- kondisi klakson
- kondisi kemudi (steering)
- kondisi persneling (gigi)
- kondisi double (berat & ringan)
- kondisi rem tangan (hand brake)
- kondisi rem kaki (foot brake)
- kondisi pedal gas
- kondisi dan fungsi display atau panel
- kondisi alarm mundur (back alarm)
- radio komunikasi (radio rig) dengan kelengkapan channel radio yang telah ditentukan
- kondisi lampu kabin
- kondisi electric window (termasuk sistem lock)
- dan lain-lain
Boleh di detailkan bagaimana prosedur dan apa saja yang perlu dicek saat P2h?
BalasHapusTerima kasih
Terima kasih Pak Supriyadi atas responnya di blog saya.
BalasHapusProsedur P2H pada kendaraan ringan atau mobil operasional (light vehicle) antara lain sebagai berikut :
Pengecekan bagian luar kendaraan meliputi:
- body kendaraan secara keseluruhan
- tyrod
- suspensi
- kondisi dan kebersihan kaca
- kaca film pada bagian depan maksimal 15%
- ban (termasuk ban cadangan)
- spion luar (kanan dan kiri)
- kondisi dan kebersihan lampu depan dan belakang (lampu dekat & jauh)
- kondisi lampu sign
- kondisi lampu hazard
- kondisi lampu ROPS (Roll Over Protection System)
- kondisi lampu putar (rotary lamp)
- buggy whip (standar ketinggian tiang bendera dan bendera reflektor)
- schotlight pada body kendaraan (harus bersiafat reflektor)
- nomor lambung kendaraan (depan, belakang, samping kanan dan kiri)
- sticker ijin masuk tambang (full access)
- sticker lulus inspeksi atau komisioning
- antena radio komunikasi (bagian luar)
- kondisi whipper
- sistem ROPS (Roll Over Protection System)
- kerucut pengaman (traffic cone)
- air cadangan (untuk whipper dan radiator)
- dan lain-lain
Pengecekan mesin kendaraan meliputi:
- oli mesin
- minyak rem
- minyak persneling (kopling)
- air radiator
- air whipper
- accu
- kipas (fan)
- karet kipas (fan belt)
- dan lain-lain
Pengecekan bagian dalam kendaraan dan kelengkapannya meliputi:
- kebersihan bagian dalam kendaraan
- surat kendaraan dan simper yang masih berlaku
- spion kabin
- sabuk pengaman (safety belt)
- APAR (alat pemadam api ringan)
- kotak P3K beserta isi di dalamnya (daftar isi harus tertera)
- kunci roda
- dongkrak
- segitiga pengaman
- kondisi seat (tempat duduk)
- kondisi klakson
- kondisi kemudi (steering)
- kondisi persneling (gigi)
- kondisi double
- kondisi rem tangan (hand brake)
- kondisi rem kaki (foot brake)
- kondisi pedal gas
- kondisi dan fungsi display atau panel
- kondisi alarm mundur (back alarm)
- kondisi lampu kabin
- kondisi electric window (termasuk sistem lock)
- dan lain-lain
Demikian yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.
Salam,
R. Eko Kurniawan
Ini pak eko stembayo kah?
HapusBisa di share kah untuk gambar di kap mesin nama namanya beserta fungsinya
HapusSama-sama pak.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusP2h untuk nissan cwb gimana gan. Cara buka kap depan untuk cek oli sama minnyak koplengx itu gimana sihh pada nissan cwb 45.
BalasHapusoutput yang diharapkan dengan dilakukan P2H secara rutin apa yah? bentuk nyatanya
BalasHapusTerimakasih.
ass....slamat siang mohon bantuan untuk saran ,saya mau tanya untuk standar kelayakan dan kelengkapan apa aja sih mobil (LV) yang bisa dinyatakan lulus dalam komisioning....terima kasih
BalasHapusPa Eko tolong bagian mesin mendetail dong infonya. Ma kasih
BalasHapusKlu p2h kndaraan feul gmn gan...??
BalasHapusnama komponen dt hino 700 dan pungsinya.
BalasHapusTolong kirim kan semua p2h tentang dt scania sedetail mungkin untuk saya lewat wa saya ini dan ini nomor wa saya 085245426581
BalasHapusTolong Bisa lihat gambar detail komponen" yg harus p2h tentang mobil howo,kalau bisa langsung via WA di no 085345225501
BalasHapusMantap bang..
BalasHapusKlo ada bisa share p2h untk alat berat
Kalau bisa pak, gambar untuk p2h nya juga
BalasHapusIZIN COPY PAK, TRKSH
BalasHapusGood job
BalasHapusCuma mau meluruskan. Setau saya P2H Pemeliharan Pemeriksaan Harian
BalasHapusMaaf bosku buku p2h untuk pemeriksaan harian..
BalasHapusMinta di ser ap lewat hp wa 082157566165. Krna saya butuh untuk para sopir
Untuk truck hino nyaa bos trimakasih
BalasHapusboleh minta p2H untuk unit bus ??
BalasHapusBoleh minta contoh ceklist harian LV
BalasHapus